Tuesday, May 14, 2013

Tentang Kewirausahaan


Kewirausahaan tidak sama dengan berdagang. Kewirausahaan adalah suatu bentuk usaha kita dalam bentuk apapun denan kreatifitas kita sendiri dan juga dapat menarik pelanggan yang dapat menguntungkan dalam usaha kita. Kewirausahan di bagi 2 yaitu, Mindset dan Methode. Mindset adalah pola pikir seseorang untuk memanfaatkan peluang. Mindset itu sendiri mempunyai 10 kriteria yaitu; memilliki locus of control internal & eksternal(pusat pengendalian kehidupan seseorang),memiliki toleransi terhadap ambiguitas,kesediaan untuk menggaji orang yang lebih cerdas,konsisten untuk selalu berkreatifitas,membangun dan mengubah berbagai hal,dorongan yang kuat untuk peluang dan kesempatan,rasa urgenitas yang tinggi,preseverence,resilience,optimis,dan memiliki rasa humor terhadap diri sendiri. Dari 10 kriteria orang yang memiliki mindset,saya akan mengembangkan salah satu pointnya,yaitu point ke 7 adalah preseverence yang artinya tidak hanya ide tetapi berjuang untuk mengembangkan ide tersebut. Alasannya,saya tidak hanya ingin mengemukakan ide dan kreatifitas saya  saja,tetapi saya akan mengembangkan ide dan kreatifitas saya agar usaha yang saya lakukan dapat berjalan dengan maksimal tanpa ada hambatan apapun yang dapat mengganggu usaha saya dan akan lebih memotivasi diri sendiri untuk terus majuJ
Ada beberapa bentuk-bentuk kewirausahaan yang pertama,kewirausahaan pemerintah yaitu untuk mengelola sumber daya secara efektif dan efesien,kedua,kewirausahaan akademis yaitu seseorang yang dapat membantu kita dalam kelancaran berbisnis ,ketiga,kewirausahaan bisnis yaitu seseorang yang bekera di suatu perusahaan tetapi dia tetap memiliki kreatifitas yang tinggi dalam usahanya dia di dalam pekerjaan,keempat,kewirausahaan sosial yaitu suatu aktivitas bisnis yang dapat menyelesaikan masalah sosial dalam berwirausaha.
Dari beberapa bentuk kewirausahaan tersebut,mungkin saya akan mengikuti bentuk yang ketiga yaitu ‘kewirausahaan bisnis’ karena saya ingin mengembangkan kreatifitas saya dalam usaha berbisnis saya,tidak hanya itu saya pun akan berusaha atau berjuang untuk usaha saya dalam pasang surutnya dunia bisnis di Indonesia.
Jadi,mari menjadi wirausaha muda yang kreatif,inovatif,dan dapat menjadi inspirasi orang banyak!
Astrid Pradipta (170103120051)

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2012 Entrepreneur Company. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates