Tuesday, April 30, 2013

Sila KE – 6 KREATIF Sampai MATI Karya Wahyu Aditya


Buku Sila KE – 6 KREATIF Sampai MATI Karya Wahyu Aditya itu menggambarkan Kreativitas bagi Rakyat atau pengusaha pemula yang ingin mengembangkan bisnisnya. Terdapat ide-ide kreatif yang dibahas dalam tiap subab nya.

Berikut adalah Subab yang dibahas daolam buku tersebut :
Butir 1
Cari Duniamu
Banyak yang berspekulasi bahwa pendidikan itu membatasi. Membatasi bebas untuk berkreasi dalam bidang seni. Namun, seseorang yang kreatif  akan selalu menemukan dunia nya sendiri untuk berkreatifitas
Butir 2
Berpikir Berbagai Arah
Bahwa kita jangan terus berpikir monoton, harus berpikir berbagai arah. Yang dimaksud dengan berpikir berbagai arah adalah berpikir yang orang lain sempat tidak pikirkan, memikirkan sesuatu hal yang kata orang lain tidak bisa tetapi di ubah oleh kita menjadi bisa.

Butir 3
Rekam Dan Remix
Bisa merekam dan meremix karya yang sudah ada sebelumnya menjadi lebih bagus lagi. Bahkan hasil karya yang pernah kita lihat sebelumnya  merupakan beragam pengalaman yang sewaktu-waktu bisa kita putar, dan kita remix.

Butir 4
Lakukan Hal Spontan
Spontan itu tidak ada paksaan dari orang lain. Semuanya itu muncul dari inisiatif diri kita sendiri. Terkadang melakukan suatu karya yang spontanitas itu bisa diselesaikan dengan lebih cepat, karena keluar begitu saja dipikiran kita dan langsung dituangkan menjadi sebuah karya. Jadi biarklanlah hal pertama yang terlintas di benak kita secara spontan dan jalani prosesnya dan biarkan saja mengalir.

Butir 5
Bagimana Kalau?
Berani bertanya kepada diri kita sendiri. Hal tersebut merupakan contoh proses kreatif dengan teknik bertanya seperti ini. Dan suatu kreatifitas bisa muncul apabila kita memulai dengan memunculkan pertanyaan “bagaimana kalau”.

Butir 6
Bikin Lengket
Pada bab ini di ceritakan banyak pengalaman-pengalaman mengunjungi Negara-negara yang memiliki icon tersendiri dari Negara tersebut dan memiliki ciri khas tertentu untuk menarik minat para turis-turis asing yang mengunjungi Negara tersebut. Dan seharusnya Indonesia sendiri bisa meniru dari cara-cara unik tersebut untuk bisa lebih menarik minat turis asing dan bisa member kesan tersendiri pada saat mengunjungi Negara kita.




Butir 7
Rangkul Keterbatasan
Seseorang pasti memiliki keterbatasan tertentu dan di bab ini di ceritakan sebuah contoh orang yang memiliki keterbatasan tertentu tetapi dia malah bisa memanfaatkan kekurangan tersebut menjadi karya tersendiri dan memiliki nilai jual tinggi

Butir 8
Informal ke Formal
Kebanyakan jas almamater yang di gunakan oleh mahasiswa perguruan tinggi saat ini sangat mencerminkan kesan kaku dan terlalu formal, padahal yang menggunakannya adalah anak-anak muda yang seharusnya cocok dengan umur dan kepribadian mereka yang berjiwa muda. Maka dari itu kesan formal dan kaku seharusnya bisa sedikit di hilangkan dari jas almamater saat ini.

Butir 9
Introvert itu Cool !
Introvert memiliki arti bahwa seseorang bukan hanya saja tidak bisa bersosialisasi dengan orang lain namun cenderung seseorang yang introvert itu lebih nyaman ketika sendiri. Terkadang dalam mencari inspirasi atau menghasilkan sebuah kreatifitas seseorang membutuhkan sifat dari arti introvert itu sendiri. Karena introvert cenderung tenang dan memiliki kekuatan luar biasa dan unik.

Butir 10
Jangan Kalah Start
Ketika seseorang berfikir kreatifitas yang itu-itu saja namun orang yang kreatif tidak ingin kalah start, mereka memikirkan hal yang orang lain tidak fikirkan sekalipun itu tabuh dan aneh bagi kebanyakan orang tetapi itu semua justru bisa menjadi karya seni yang unik dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Butir 11
Mampu Mengurai
Kreatif berbicara tentang mampu mengurai sesuatu yang ada menjadi bentuk yang baru.  Dengan mengandalkan imajinasi dan pola pikir yang unik.

Butir 12
Hadapi si Otak Kadal
Di bagian otak manusia ada bagian yang di sebut amygdala, bagian otak ini berfungsi mengatur rasa takut, marah,dan nilai-nilai negative. Dan di bagian otak ini yang mengontrol rasa takut dalam berkreatifitas, dan bagian otak ini yang menahan kita untuk tidak berkreatifitas. Maka dari itu seharusnya kita bisa mengalahkan otak kadal ini agar kreatifitas terus tumbuh dan berkembang sehingga bisa menghasilkan karya yang menjanjikan.

Butir 13
Out of the Box
Di sini di contohkan bahwa seseorang harus keluar dari zona nyamannya dan bisa berfikir berbeda dari orang kebanyakan yang hanya memikirkan hal yang itu-itu saja.

Butir 14

Setiap Karya ada Peminatnya
Karya atau kreatifitas pasti punya ciri khas dan keunikan tersendiri. Dan menurut saya kreatif itu tidak ada yang salah dan sah-sah saja selama tidak melanggar hukum criminal. Setiap orang bebas berkarya dan bisa mengeksplor segala kemampuannya. Dan di bab ini di ceritakan salah satu contoh dari pembebasan karya tersebut, dan tetap memiliki peminat walaupun masih banyak yang menganggap karya tersebut aneh dan tidak masuk akal.

Butir 15
Tetap Gembol Selalu
Mas Gembol disini adalah sebuah icon dari KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia), icon ini sangat unik dan memiliki fungsi tersendiri. Icon ini di gambarkan sebagai sifat yang bisa merubah kesan-kesan yang tersirat pada logo tersebut tanpa mengurangi makna yang tersirat.

Butir 16
Fleksibel Saja
Setiap kreatifitas atau usaha-usaha baru tentunya akan terlihat sangat monoton dan tidak berkembang. Namun seseorang yang berkreatifitas tinggi harus fleksibel terhadap zaman nya, mengikuti perkembangan zaman yang ada, mengikuti selera konsumen nya. Alternatif nya seseorang akan terus mengeluarkan ide-ide baru.

Butir 17
Monoton? No way? 
Kebayakan icon yang sudah “hitz” dikalangan masyarakat akan terus-terusan di buat dan tidak akan diubah. Keliatan sekali monoton nya,  contoh nya logo Peringatan HUT KE-67 NKRI .namun, seseorang yang kreatif akan membuat sesuatu yang baru dan bebas untuk berekspresi mengeluarkan ide-ide agar tidak bosan. 

“Bangsa yang besar adalah Bangsa yang Kreatif..!”                                                                                                                                        

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2012 Entrepreneur Company. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates